5 Fakta Terkait Bencana Angin Puting Beliung Rancaekek yang Disebut Mirip Tornado di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta – Bencana angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat pada Rabu (21/02/2024) pada pukul 15.30 WIB.

Menurut laporan, terdapat 5 kecamatan yang terdampak, di antaranya Kecamatan Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi (Kabupaten Bandung), serta Kecamatan Mangunraja dan Jatinangor (Kabupaten Sumedang).

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, kejadian ini telah menyebabkan sekitar 121 warga mengalami luka. Pihaknya pun kini mendirikan tenda darurat di Kecamatan Mangunraja, Desa Cimanggung.

“Kami siapkan tenda darurat sebagai penanganan darurat untuk warga terdampak, ada 113 warga yang luka ringan dan 10 luka sedang,” kata Herman dalam keterangannya di Sumedang, Kamis (22/2/2024).

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat, angin puting beliung itu sudah menerjang pemukiman warga, pabrik, hingga pusat perbelanjaan di sekitar lokasi kejadian.

Dilaporkan, sedikitnya 10 unit rumah di Kampung Situbuntu, Kecamatan Cimanggung, terdampak dan mengalami kerusakan.

Kejadian angin kencang tersebut bahkan dinilai mirip tornado yang biasa terjadi di Amerika Serikat. Hal ini sebagaimana disampaikan peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Erma Yuliastian.

Dalam penjelasannya, Erma di antaranya melihat kejadian angin kencang Rancaekek dari aspek struktur atau bentuk angin kencang, durasi hingga efek.

Secara struktur, tornado Rancaekek dinilai mirip dengan tornado di Amerika Serikat. Angin tersebut membentuk spiral disertai turunnya gumpalan awan menyerupai bentuk corong.

“Struktur tornado Rancaekek, Indonesia, dibandingkan dengan tornado yang biasa terjadi di belahan bumi utara, Amerika Serikat. Memiliki kemiripan 99,99 persen,” kata Erma lewat cuitan di akun X, dikutip Liputan6.com, Kamis (22/4/2024).

 

Berikut sederet fakta terkait bencana angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Bandung dan Sumedang yang dihimpun Liputan6.com:

Baca Juga  Peraturan Ganjil Genap Jakarta Tak Berlaku Minggu 14 Januari 2024, Semua Kendaraan Bebas Melintas

Video Ngeri Tornado di Sumedang, Puting Beliung Dahsyat Rancaekek

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *