Arus Balik Meningkat, Kebijakan Satu Arah Tol Semarang-Solo Diperpanjang

Liputan6.com, Jakarta – VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol, Ria Marlinda menyampaikan kebijakan one way kembali dilakukan hingga KM 442 Bawen Ruas Jalan Tol Semarang-Solo pada pukul 11.45 WIB. Setelah sebelumnya dilakukan di KM 428+400 Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C pada pukul 09.42 WIB. Hal ini dilakukan untuk mendistribusi peningkatan volume kendaraan saat arus balik.

“Saat ini pengguna jalan dari arah Timur Trans Jawa dapat kembali menuju arah Jakarta menerus dari KM 442 Bawen Ruas Jalan Tol Semarang-Solo hingga KM 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” kata Ria seperti dikutip dari siaran pers diterima, Senin (15/4/2024).

Ria memastikan, dengan diberlakukannya kebijakan satu arah maka volume lalu lintas arus balik dari arah Jalan Tol Trans Jawa dipastikan akan meningkat. 

“Kami petugas akan terus melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian agar situasi arus balik Hari Raya Idul Fitri 1445 H tetap terkendali,” jelas Ria. 

Ria mengimbau, kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kepadatan di rest area.

“Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan,” saran dia.

Dikonfirmasi terpisah, Jasa Marga mencatat sebanyak 961.852 kendaraan telah kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi atau Jabotabek pada H+1 sampai dengan H+3 Lebaran Idul Fitri 2024.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari arah Puncak, dan GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung. 

Baca Juga  Motif 2 Pemuda Begal Siswa SMP di Depok: Ingin Pesta Sabu

“Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 41,03 persen jika dibandingkan lalin normal dengan total 681.996 kendaraan. Jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalin ini lebih rendah 3,1 persen dengan total 992.223 kendaraan,” tutur Marketing & Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani dalam keterangannya, Senin (15/4/2024).

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek sendiri dari tiga arah, yaitu dengan mayoritas sebanyak 520.043 kendaraan atau 54,1 persen dari arah Timur yakni Trans Jawa dan Bandung, 239.316 kendaraan atau 24,9 persen dari arah Barat yaitu Merak, dan 202.493 kendaraan atau 21,1 persen dari arah Selatan yakni Puncak.

“Kami imbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat menggeser perjalanan sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol 20 perseb yang akan diberlakukan mulai Rabu 17 April 2024 pukul 05.00 WIB sampai dengan Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB untuk perjalanan menerus Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang menuju Jakarta, hanya untuk asal GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama,” kata Faiza. 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *