Berdayakan Lahan Terbatas, Kampung Palm Eco Green Village Malang Makin Asri Berkat Program BRInita

Dijelaskan oleh Lurah Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang, Anang Setiawan, Kampung Palm sendiri merupakan permukiman padat penduduk yang masuk wilayah RW 1 Kelurahan Samaan.

“Khusus untuk RW 1 Kelurahan Samaan terbagi dalam 5 RT, dengan total jumlah kepala keluarga kurang lebih ada 350 Kartu Keluarga. Memang jika kita lihat di wilayah RW 1 adalah pemukiman yang padat. Sehingga potensi untuk bertani di wilayah perkotaan sangat jarang sekali.” ungkapnya.

Perlahan tapi pasti, kampung ini mulai mengalami perubahan sejak mendapatkan bantuan program BRI Peduli Bertani di Kota atau BRInita yang mengusung konsep bertani di lahan sempit, seperti di wilayah padat penduduk. Program tersebut fokus pada pembinaan dan pemberdayaan masyarakat lewat cara bertani modern sekaligus memberikan dukungan lewat sarana dan prasarana.

Kegiatan utama program BRInita yang berlangsung di Kampung Palm antara lain pemberdayaan masyarakat bertani di lahan terbatas. Selain itu, BRInita juga memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana yang menunjang seperti lewat pengadaan bibit, media tanam hidroponik, aquaponik, budidamber atau budidaya ikan dalam ember, mural, serta pembangunan gapura sebagai identitas Kampung Palem Eco Green Village.

Selain bantuan infrastuktur, BRI juga memberikan pembinaan bagi warga, berupa pelatihan pengelolaan urban farming yang menggandeng tenaga ahli/instansi terkait serta melakukan pembinaan secara berkala. Berbagai upaya ini dilakukan demi menambah nilai ekomomi produk yang dihasilkan dari warga Kampung Palm Eco Green Village.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Uji Coba Nyamuk Wolbachia, Kemenkes Gelontorkan Rp16 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *