Cuaca Besok Minggu 14 Januari 2024: Langit Pagi Jabodetabek Cerah Berawan, Siang Sebagian Hujan

Dikutip dari laporan tertulis BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Barat (11/1/2023), berikut rentetan kejadian bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di Jawa Barat:

Kota Bandung

Di Kota Bandung, hujan lebat mengakibatkan banjir disertai lumpur dari luapan aliran Sungai Cikapundung. Air lumpur merendam rumah warga dan jalan raya di wilayah Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul, Linggawastu Kecamatan Bandung Wetan.

Titik yang cukup parah terdampak limpasan air itu di antaranya kantor PLN Braga dan pemukiman di kawasan Jalan Braga. Selain itu, tanah longsor terjadi di Kawasan Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Satu unit rumah warga rusak pada bagian dapur, serta benteng dan tengah rumah. Longsor diketahui terjadi sekitar pukul 18.40 WIB.

Kabupaten Bandung dan Bandung Barat

Hujan lebat mengakibatkan banjir di Desa Cikembang dan Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari. Selain itu, banjir juga menggenang wilayah Bukit Tunggul Kecamatan Cilengkrang, serta di kawasan Bojongsoang, Kecamatan Dayeuh Kolot.

Selain merendam rumah warga, limpasan air juga menjebol sebuah tanggul penahan sungai, serta merusak sebuah jembatan. Banjir tersebut terjadi sekira pukul 16.00 WIB.

Sementara, hujan lebat mengakibatkan banjir bandang yang merendam rumah warga di Desa Sunten Jaya, Kecamatan Lembang, Bandung Barat. Kejadian itu diketahui terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Sumedang dan Garut

Di Kabupaten Sumedang, hujan lebat mengakibatkan tanah longsor di wilayah Dese Cipamengpeuk, Sumedang Selatan, pada pukul 17.00 WIB.

Sementara itu di tempat lain, tanah longsor menutup akses jalan di wilayah Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut. Kejadian longsor tercatat pada pukul 18.00 WIB.

Subang, Karawang, Indramayu

Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah daerah Subang, seperti di Desa Cijambe, Sukamelang, dan Desa Balingbing.

Baca Juga  Libur Kenaikan Yesus Kristus, Tak Ada Ganjil Genap Jakarta Kamis 9 Mei 2024

Angin kencang mengakibatkan pohon tumbang yang kemudian menutupi jalan dan menyendat arus lalu lintas.

Di Indramayu, banjir merendam wilayah Kecamatan Terisi. Air setinggi 60-70 sentimeter menggenangi rumah warga serta Jalan Raya Cikawung – Wado Blok Lajem. Dilaporkan, satu unit kendaraan roda dua terbawa arus banjir pada pukul 18.00 WIB.

Sedangkan di Karawang, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah Desa Jomin, Kecamatan Kota Baru. Sejumlah atap rumah warga dilaporkan rusak. Kejadian angin kencang itu diketahui pada pukul 16.50 WIB.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *