Cuaca Besok Rabu 10 Januari 2024: Hujan Guyur Jabodetabek di Siang Hari

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas lebat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) periode 3-10 Januari 2024.

Selain itu, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini diprediksi akan disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang.

Oleh sebab itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem tersebut.

“Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang,” kata Deputi Bidang Meteorologi Guswanto dalam keterangan resmi, diterima Rabu 3 Januari 2024.

Menurut Guswanto, kondisi cuaca ekstrem disebabkan oleh dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah, seperti Monsun Asia Musim Dingin yang membuat pertumbuhan awan hujan di periode Januari cukup intens.

Selain itu, ada pula aktifitas Madden Jullian Oscillation (MJO) saat ini sudah mulai memasuki wilayah Indonesia dan dalam sepekan kedepan secara tidak langsung dapat memicu peningkatan potensi hujan sedang lebat di beberapa wilayah.

“Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya aktivitas gelombang Rossby di wilayah Indonesia bagian barat dan cukup bertahan hingga 5 hari ke depan,” kata Guswanto.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ditlantas Sulsel Mulai Sosialisasikan Penerapan ETLE Mobile

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *