Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Bupati Sleman Luncurkan Calendar of Event 2024

Kustini mengajak masyarakat untuk senantiasa berinovasi dalam menggelar event pariwisata agar lebih menarik. Diharapkan melalui kalender event pariwisata ini dapat semakin meningkatkan kunjungan wisatawan baik wisata domestik maupun mancanegara, meningkatkan lama tinggal serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, SH dalam laporannya menjelaskan bahwa Calendar of Event (CoE) 2024 ini dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada wisatawan dan calon wisatawan yang akan berkunjung ke Kabupaten Sleman terkait event yang akan terselenggara selama tahun 2024.

Melalui peluncuran CoE ini, diharapkan dapat meningkatkan pergerakan dan belanja wisatawan di Kabupaten Sleman, sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Kabupaten Sleman.

Pada tahun 2023, total pergerakan wisatawan di Kabupaten Sleman sebanyak 8.849.540 pergerakan, yang didominasi pergerakan wisatawan nusantara. Berdasarkan analisis belanja wisatawan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, rata-rata wisatawan nusantara membelanjakan tidak kurang dari Rp.1.370.000,00 selama kunjungannya. Sedangkan wisatawan mancanegara membelanjakan tidak kurang dari US$ 330,00 selama berada di Kabupaten Sleman.

Pergerakan wisatawan ke Kabupaten Sleman ini selain dipengaruhi pesona keindahan alam, keragaman budaya dan kehangatan warganya, juga dipengaruhi beragam event yang dilaksanakan pada tahun 2023.

Ishadi juga menyebutkan bahwa berdasarkan calendar event ini, akan ada 120 event yang akan berlangsung selama 2024. Komposisinya terdiri dari 99 event skala lokal, 12 event skala nasional dan 10 event skala internasional. Pada tahun 2024, event yang ada di Kabupaten Sleman terdiri dari 40 event MICE,  34 event festiva, 23 event budaya dan musik, 17 sport event, dan 7 event keagamaan.

Sementara itu, akan ada beberapa event yang menjadi highlight pada tahun 2024. Sebut saja Upacara Adat Labuhan Merapi yang akan dilaksanakan pada bulan Februari, Sleman Temple Run yang akan dilaksanakan pada bulan November, dan Pengembaraan Akhir Tahun (Barata) XXXIX pada bulan Desember.

Baca Juga  2,3 Juta Jiwa di Wilayah Israel Palestina Terancam, SYL Resmi Tersangka Korupsi

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *