Kemenkumham: Layanan Eazy Passport Bentuk Reformasi Birokrasi

Dairi: Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar menyosialisasikan layanan mudah pembuatan paspor atau Eazy Passport di Kabupaten Dairi. Kali ini, sosialisasi dan layanan Eazy Passport dilaksanakan di Halaman Rutan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara, Jumat, 18 Agustus 2023. 
 
Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI, Bane Raja Manalu, dalam sambutannya mengatakan Eazy Passport merupakan terobosan Kemenkumham sejak 2020 pada saat pandemi covid 19 melanda. Tujuannya agar pelayanan terkait paspor tetap berjalan dan memudahkan masyarakat, tanpa harus datang ke Kantor Imigrasi, dan mengurangi risiko terpapar covid-19. 
 
Menurut Bane, Eazy Passport memuat esensi dari layanan yang memudahkan masyarakat, yakni mudah, mura, dan cepat. Pangkalnya, reformasi birokrasi tidak harus sulit diterjemahkan karena singkatnya adalah warga merasa terlayani, mudah, murah, dan cepat. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kalau ada kantor yang pelayanannya masih susah, berbelit-belit dan mahal, berarti kantor tersebut masih belum melaksanakan reformasi birokrasi. Kalau pelayanan itu dikerjakan dengan ikhlas dan senyum, pasti hasilnya baik,” ujar Alumni Universitas Indonesia tersebut. 
 
Eazy Passport ini sudah dua kali dilaksanakan di Kabupaten Dairi. Sebelumnya dilaksanakan pada Mei 2023 di Gor Sidikalang. 
 
“Bagi yang mau bekerja di luar negeri. Ada dokumen yang harus dilengkapi, harus ada ada izin atau rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja. Jangan pernah mengelabui petugas imigrasi. Karena akan membahayakan bagi calon tenaga kerja tersebut. Dampaknya, tidak akan mendapat perlindungan hukum kalau paspor berkunjung dipakai untuk bekerja di luar negeri,” ungkapnya. 
 
Bane juga mengusulkan ke Bupati Dairi, Edi Keleng Berutu untuk dibuatkan kantor unit kerja Imigrasi atau unit layanan paspor. Hal itu agar masyarakat semakin dimudahkan dan tidak perlu menempuh jarak jauh ke Pematang Siantar untuk membuat paspor. 
 
Dengan demikian, kebijakan itu akan menambah putaran ekonomi di Kabupaten Dairi dan masyarakat akan semakin dapat manfaat. 
 
“Setiap kebijakan yang kita lakukan harus punya manfaat. Lebih berdampak. Inilah esensi dari sebuah kebijakan. Apa yang kita lakukan hari ini semoga berbuah manis dan disambut baik oleh Bupati Dairi. Pelayanan yang baik pasti akan mendapat apresiasi dari publik. Maka dari itu, kita membuat Kemenkumham lebih dekat dengan masyarakat. Melalui program Eazy Passport,” ujarnya. 
 
Kepala Rutan Kelas IIA Sidikalang, Sartowali, mengatakan dengan adanya pelayanan Eazy Passport masyarakat Dairi khususnya Sidikalang dipermudah dalam hal pengurusan paspor. 
 
Sementara, Kepala Imigrasi Kelas II TPI Pematangsiantar, Yusva Aditya, mengatakan pelaksanaan Eazy Passport bisa dirasakan masyarakat manfaatnya karena sudah lebih dekat dari jarak tempuhnya. 
 
“Ada sekitar 250 kuota yang dipersiapkan untuk masyarakat Dairi yang mengurus paspor hari ini. Pelaksanaanya berjalan dengan baik dan tertib. Masyarakat merasa terlayani karena mudah, murah dan cepat,” pungkasnya. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ALB)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Kualitas Udara Jakarta pada Minggu Pagi 21 April 2024: Masuk Kategori Sedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *