Melihat Lapangan Tempur TNI AU di Belitung yang Bikin Megawati dan SBY Terpukau

 

Liputan6.com, Jakarta – Masyarakat Desa Buding, Kabupaten Belitung Timur mempunyai hiburan tersendiri. Bukan sebuah tarian, namun hiburan itu adalah latihan perang yang kerap dilakukan jajaran TNI Angkatan Udara (AU) di wilayah tersebut.

Demikian gambaran itu disampaikan, Komandan Lanud H. AS Hanandjoeddin Letkol PNB, Dian Bashari ketika memperlihatkan lokasi bentangan lahan yang dijadikan area Air Weapon Range (AWR).

“Ini namanya AWR, tempat penembakan latihan tempur operasi di angkatan udara di sini. Luasnya 74 hektare. jarak ke sana 2km, jarak ke sana 3,5 km,” kata Dian kepada awak media, Selasa (7/2/2024).

Lokasi AWR yang dikelola Lanud H. AS Hanandjoeddin ini sering jadi langganan latihan tempur TNI AU. Seperti latihan operasi Matra Udara II Jalak Sakti 2023 Koopsud I dan Trisula Perkasa Korpasgat di Air Weapon Range (AWR) Buding Lanud H AS Hanandjoeddin, Senin (29/5/2023) silam.

Agenda yang terbuka untuk umum itu, telah berhasil menjadi daya tarik bagi masyarakat bahkan wisatawan yang antusias menyaksikan simulasi operasi tempur para prajurit.

Di mana masyarakat bisa langsung melihat gambaran perang lewat simulasi dan panduan dari para prajurit. Tak jarang, TNI AU juga menampilkan simulasi penyerangan air to ground atau serangan dari udara ke darat.

Dengan meledakan target memakai pesawat tempur seperti Hawk 200 yang handal dalam pertempuran air to ground. Nantinya, pesawat akan menjatuhkan beberapa bom yang ledakannya bisa dilihat warga.

Selain ledakan, suara rentetan tembakan dari prajurit maupun artileri berat sampai taktis yang berhasil menghancurkan target telah membuat suasana semakin meriah.

“Ini bekas-bekas, yang dibuat latihan kemarin buat penembakan. Kemudian buat pesawat tempur pengeboman itu tanahnya yang item-item di sana semuanya,” tuturnya.

Baca Juga  Dulu Objek Wisata, Kondisi Curug Parigi Bekasi Kini Memprihatinkan

“Kalau latihan hampir ribuan yang warga di sini. Forkopimda pun sangat support, dukungan dari pemda semua tumplek blek di sini ini. Jadi saya sangat senang atas dukungannya,” tambahnya.

Bahkan di lokasi ini juga, pernah membuat Presiden ke-5 Megawati Sukarnoputri dan Presiden ke-6 dan 7 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpukau ketika melihat latihan para prajurit.

“Presiden Megawati dan SBY juga pernah datang ke sini untuk melihat secara langsung latihan tempur yang sangat ramai, kala itu,” kata Dian.

 

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *