Proyek Bali Urban Rail Mulai Tarik Minat Investor, Pembangunan Bakal Terwujud

Dukungan terhadap rencana pengembangan transportasi massal berbasis kereta di Bali turut disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa.

Ia berharap, proyek ini dapat segera terwujud dan menjadi contoh bagi daerah lain dalam mencari solusi terkait persoalan di bidang pelayanan publik, khususnya transportasi.

“Yang dilakukan Bali ini adalah pendekatan baru tanpa membebani fiskal pusat maupun daerah,” ujar Monoarfa. 

“Pendekatan yang dilakukan adalah membuka peluang investasi yang hasilnya bisa dinikmati masyarakat, khususnya wisatawan yang berkunjung ke Bali,” jelasnya.

Dalam pengembangannya, Manoarfa mengingatkan agar proyek ini tak merusak alam dan budaya Bali.

“Alam dan budaya Bali harus tetap dijaga, karena memanfaatkan ruang bawah tanah, Perdanya harus segera disiapkan. Saya yakin Pak Pj Gubernur sudah paham soal itu,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, Bahlil Lahadalia menyebut, pola investasi ini adalah contoh pertama pelibatan swasta dalam proyek strategis.

“Ini adalah contoh pertama, pembangunan tanpa membebani uang negara. Saya harap bisa dijadikan contoh oleh daerah lain di Indonesia,” sebutnya.

Bahlil menegaskan bahwa pihaknya akan membantu proyek ini dengan mempercepat proses perizinan dan memberi insentif yang diumungkinkan seperti keringanan pajak, list barang import yang bebas pajak untuk keperluan proyek ini dan lain-lain.

Sebagai informasi, proyek transportasi massal berbasis kereta sangat urgent mengingat sektor pariwisata menjadi back bone perekonomian Bali. Sebagai gambaran, pada tahun 2023 jumlah wisatawan yang datang ke Bali mencapai 15.163.735 orang dan tahun 2024 ditargetkan mencapai 20 Juta wisatawan.

 

(*) 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Anggota DPR Kompak Pakai Syal Palestina di Rapat Paripurna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *