Ramainya Lebaran Depok, dari Pawai Rantang hingga Fashion Show Pakaian Zaman Dulu

Liputan6.com, Jakarta – Kumpulan Orang Orang Depok (KOOD) kembali menggelar Lebaran Depok yang masuk dalam kegiatan tahunan Pemerintah Kota Depok. Puncak acara Lebaran Depok pada hari ini, Minggu (19/5/2024) digelar dengan menampilkan budaya yang identik dari sisi budaya dan kuliner Kota Depok.

“Seperti tadi ada acara rantangan, besanan, kayak tadi sebenarnya itu bagian dari boleh dibilang ciri khas Depok,” ujar Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri, Minggu.

Ada pula kegiatan ngubek empang, nyedengin baju, potong kebo andilan, fashion show pakaian remaja zaman dulu, penampilan lenong, hingga tarian tradisional.

Acara ini diramaikan dengan pawai warga sambil membawa rantang. Rantangan dibawa warga untuk makan bersama dengan warga lain sambil bertukar lauk pauk.

Lauk yang dibawa warga ada ikan asin tembang, ikan perek, ikan jamblang, sayur asem, sayur besan, semur jengkol hingga pete.

Saat pawai ada kegiatan rombongan besan. Menggambarkan seolah-olah warga sedang mengarak besan layaknya resepsi pernikahan.

Supian Suri menjelaskan, Depok merupakan daerah heterogen dan penduduknya bukan hanya orang Depok. Karena itu, KOOD berencana pada Lebaran Depok tahun depan, akan menjadikan kegiatan untuk semua warga yang tinggal di Depok.

“Insyaallah Lebaran Depok ya lebaran semua warga Depok dengan latar belakang semua budayanya masing-masing,” jelas Supian Suri yang juga merupakan pengurus KOOD.

Nantinya, akan menampilkan kuliner dari Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi hingga Papua. Begitupun dengan budaya, tidak hanya menampilkan Betawi, namun turut menampilkan budaya dari berbagai suku di Indonesia.

“Budayanya juga begitu, malam pertama Betawi, besoknya budaya daerah lain, jadi budaya semua warga Depok dari berbagai suku bangsa bisa merasakan,” ucap dia.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Sepinya Arus Lalu Lintas Jakarta Dimanfaatkan Warga untuk Berfoto-foto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *