Sudirman Said: Kita dalam Masa yang Mencemaskan, Sudah Tidak Ada Rem Lagi

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Institut Harkat Negeri (IHN) Sudirman Said, mengatakan Indonesia sedang berada di masa mencemaskan. Pasalnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai pimpinan tertinggi tak lagi menjadikan etik sebagai panduan dalam menjalankan mandatnya.

Hal ini disampaikan Sudirman dalam diskusi publik bertajuk “RETHINKING INDONESIA: Pemilu Terburuk dalam Sejarah Indonesia, Akankah Kita Terpuruk?” di Grand Wijaya Room, Hotel Gradhika Iskandarsyah, Kebayoran Baru, Jakarta.

“Kita dalam masa yang sangat mencemaskan. Sebab, hari ini seperti sudah tidak ada rem lagi,” kata Sudirman.

Menurut Sudirman, seorang pemimpin pada level tertinggi dipandu oleh etik dalam menjalankan mandat dan memutuskan kebijakan.

Dia menyebut, seorang pemimpin yang berpikir sangat legalistik bakal mementingkan kemauan diri sendiri.

“Ini sesuatu yang berbahaya karena sudah pasti orang-orang itu siapapun, di manapun, apakah di perusahaan, apakah di kabupaten, di negara pasti berpikirnya bagaimana saya bikin ruling yang sesuai dengan kebutuhan atau kemauan, atau interest-nya sendiri,” kata Sudirman.

“Dan ini yang sedang terjadi di antara kita. Jadi bukan lagi nubruk hukum, tapi etik pun sudah diabaikan. Sudah disebut dengan ndasmu segala macam,” lanjut dia.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Hakim Vonis Windu Aji dkk 6 hingga 8 Tahun Penjara di Kasus Korupsi Nikel Sultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *