Ternyata Skincare Juga Bisa Tidak Cocok! Begini 5 Tandanya

Jakarta: Memilih beragam jenis produk skincare tentu membuatmu terbesit berpikir, apakah semuanya cocok? Eits, belum tentu! Ternyata kamu perlu mengetahui tanda skincare tidak cocok.

Skincare menjadi kebutuhan yang perlu kita lakukan sehari-hari. Melindungi kulit dari berbagai permasalahan juga menjadi usahamu untuk menjaga kesehatan. Salah satunya menggunakan skincare dengan berbagai tahapan.

Tidak semua produk perawatan kulit yang dijual bebas akan bekerja dengan baik untuk kulit. Bahkan, bahan-bahan tertentu, terutama ketika digunakan secara bersamaan, dapat menyebabkan lebih banyak efek negatif.

Bagaimana jika menginginkan suatu lebih baik, malah justru mendapatkan sesuatu yang tidak diinginkan? Tentunya akan membuat kita sedih dan kesal dalam waktu bersamaan. Kita perlu benar-benar mengetahui tandanya.

Dilansir dari Ciputra Hospital, ada setidaknya lima tanda yang perlu kamu kenali jika skincare tak bekerja untuk kulit wajah kamu, antara lain:

 

1. Berjerawat lebih dari biasanya

Jerawat memang normal untuk terjadi pada kulit. Namun, jika jerawat muncul karena produk perawatan yang kamu gunakan, maka sudah saatnya untuk melihat kembali komposisi bahan di dalam skincare!

Carilah produk yang mengandung bahan anti jerawat yang telah terbukti, seperti asam salisilat, serta formulasi bebas minyak dan non-komedogenik. Kamu perlu teliti terhadap bahan skincare yang terkandung.

 

2. Alami gatal atau iritasi

Kulit yang gatal atau teriritasi dapat menandakan reaksi negatif terhadap produk yang digunakan. Ini bisa dikenal sebagai dermatitis kontak. Sebelum menggunakan produk baru untuk rangkaian skin care, kamu lakukan uji tempel terlebih dahulu untuk melihat iritasi atau tidak.
 

3. Wajah terasa kencang atau ketarik

Bertentangan dengan apa yang kamu pikirkan, perasaan “kulit kencang” yang didapatkan setelah cuci muka sebenarnya berbahaya bagi kulit kamu. Adapunnya alasannya di balik ini.

Baca Juga  Jokowi Tanggapi Survei Litbang Kompas soal Kepuasan Kinerja Pemerintah yang Menurun

Ternyata, rasa ketarik atau kencang itu berarti telah kehilangan minyak esensial dan dapat terganggu fungsi kulit sebagai skin-barrier. Jika alami hal ini, segera ganti, ya!

 

4. Merasa kulit perih

Rasa tersengat adalah normal ketika menggunakan produk berupa exfoliating acids. Tetapi rasa terbakar atau kemerahan pada kulit merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah.

Jika dibiarkan, akan merusak stratum korneum, bagian kulit yang menjadi pelindung terhadap patogen, mengekspos kulit. Hal ini tentu bisa melemahkan fungsi skin barrier, yang tentu penting untuk kulit wajah.

 

5. Tidak melihat ada peningkatan

Waktu yang diperlukan untuk melihat hasil dari suatu produk perawatan kulit biasanya beberapa minggu hingga bulan. Jika sudah melewati hal tersebut, kamu perlu mengganti produk saja. Karena tidak cocok untuk kamu.
 

Berapa waktu lama yang dibutuhkan skincare bekerja?

Efek skincare umumnya baru bisa terlihat bila dipakai rutin dalam jangka waktu tertentu. Setiap produk skincare punya waktu yang berbeda-beda juga. Nah, kamu perlu mengetahui hal tersebut sebelum membeli.

Jangan termakan omongan beauty influencer yang mengatakan cepat membawa hasil. Faktanya, skincare membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tergantung jenis produknya. Misalkan produk perawatan jerawat lebih cepat memberikan hasil ketimbang produk antipenuaan.

Itulah yang perlu kamu perhatikan mengenai tanda skincare tidak bekerja. Jika sudah muncul tanda-tanda tersebut, sebaiknya langsung ganti saja, ya!

Aulia Putriningtias
(FIR)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *