Top 3 News: Novel Baswedan Sebut Skandal Besar Dugaan Pemerasan Firli Bahuri ke Syahrul Yasin Limpo

Liputan6.com, Jakarta – Mantan Kasatgas Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyebut kasus dugaan pemerasan yang dilakukan Ketua KPK Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo bukan masalah biasa. Itulah top 3 news hari ini.

Novel Baswedan berharap kasus ini diusut hingga tuntas. Menurut dia, kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK merupakan skandal besar dalam lembaga antirasuah.

Menurut Novel, Firli Bahuri sudah banyak melakukan pelanggaran sebelum dan sesudah menjadi Ketua KPK. Firli Bahuri disebut Novel kerap bertemu pihak berperkara, membocorkan dokumen rahasia, hingga menerima suap dan dugaan pemerasan seperti sekarang.

Sementara itu, Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya akan segera menentukan tersangka dalam kasus pemerasan yang diduga dilakukan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pencarian pihak yang bertanggung jawab dalam kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo ini dilakukan seiring naiknya status perkara dari penyelidikan ke penyidikan.

Ade mengatakan, dalam kasus ini pihaknya menggunakan tiga pasal yakni Pasal 12 huruf e atau pasal 12 huruf B, atau pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) jo Pasal 65 KUHP.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait perempuan bernama Dini Sera Afrianti (29) alias Andin atau Dini tewas mengenaskan usai diduga dianiaya oleh sang pacar Gregorius Ronald Tannur (31) yang merupakan anak dari anggota DPR fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kebenaran itu pun sudah dikonfirmasi. Ketua Fraksi PKB di DPR RI Cucun Syamsurijal mengaku, pihaknya telah mengonfirmasi kepada Anggota DPR RI Edward Tannur terkait kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh anaknya.

Baca Juga  Tingkatkan Perlindungan ASN, BKN Usulkan Jaminan Kesehatan Tambahan Bagi ASN

Cucun menegaskan, PKB mengutuk keras tindakan kekerasan yang berujung kepada meninggalnya korban. Bagi Fraksi PKB, kata Cucun, tindakan kekerasan sama sekali tidak dibenarkan, terlebih hal itu dilakukan kepada perempuan.

Tak hanya itu, Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI juga memastikan, akan mengawal kasus putra anggota DPR yang diduga menganiaya pacarnya Dini Sera Afrianti hingga tewas di Surabaya, Jawa Timur.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 7 Oktober 2023:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan siap untuk menghadiri ajakan pertemuan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, selama pertemuan tersebut telah direncanakan atau dijadwalkan sebelumnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *