Usai Diperiksa, Ajudan Ketua Firli Bahuri Bungkam dan Menghindari Wartawan

Liputan6.com, Jakarta Ajudan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, Kevin Egananta, telah merampungkan pemeriksaan yang dilakukan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jumat (13/10) malam.

Tidak ada satu pun kata yang keluar dari mulut ajudan Firli Bahuri saat dicecar pertanyaan oleh wartawan usai menjalani pemeriksaan selama tujuh jam, sejak pukul 14.00 WIB.

Kevin terlihat mencoba menghindari wartawan. Dengan pengawalan sejumlah orang ia hanya menunduk untuk langsung masuk ke mobil Xpander pelat merah.

Secara terpisah, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, menyatakan pihaknya telah memeriksa Kevin terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK atas penanganan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

“Seputar peristiwa dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi dan saat ini sedang ditangani oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Tadi sekira pukul 22.00 WIB pemeriksaan telah selesai,” kata Ade Safri kepada wartawan.

Namun demikian, Ade Safri mengatakan penyidik bakal kembali memanggil Kevin untuk menjalani pemeriksaan kedua pada Rabu (18/10/2023) guna mendalami bukti-bukti dan keterangan lebih lanjut.

“Dilaksanakan dan akan dijadwalkan kembali pemanggilan terhadap yang bersangkutan terkait dengan pemeriksaan tambahan yang akan dilakukan oleh tim penyidik,” kata Ade.

Pemeriksaan terhadap Kevin dilakukan setelah penyidik menaikan kasus ke tahap penyidikan usai ditemukannya unsur pidana dalam kasus dugaan pemerasaan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo atas penanganan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Atas pelanggaran sebagaimana diatur dalam Pasal 12e atau Pasal 12B atau Pasal 11 UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang perubahan atas UU 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 65 KUHP.

Selain Kevin, penyidik dalam kasus ini juga telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Direktur Pelayanan Pelaporan dan Pengaduan Masyarakat KPK, Tomi Murtomo pada Senin (16/10/2023).

Baca Juga  Ekspansi Layanan Perbankan, BTN Bidik 22 Ribu Nasabah Baru

Ajudan Ketua KPK Firli Bahuri diperiksa sebagai saksi kasus dugaan pemerasan terkait penyelidikan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *